Idul Adha Di Sekolah

Kamis, 25 Oktober 2012 ada rangkaian acara yang berbeda di sekolah. Hal ini memang sengaja dipersiapkan untuk menjelang hari raya Idul Adha yang akan jatuh di hari Jumat, 26 Oktober 2012. Hari itu, saya dan beberapa rekan guru siap mengajak mujahid-mujahidah cilik untuk turut serta merasakan lebih dekat tentang ibadah haji dan berqurban.

 

Sesuai dengan tema pembelajaran, kami mempersiapkan semua hal yang berkaitan dengan proses belajar pada hari itu. Alhamdulillah, sekolah sudah punya miniatur ka’bah. Nah, untuk praktek berqurban ini yang masih kami bingungkan. Mau praktek pakai apa? Kalau pakai kambing beneran, wah boleh sih, tapi belum ada yang nyumbang untuk itu. hehe.

Setelah berkutak-katik dengan ide, akhirnya kami berhasil membuat Embe yang akan dipakai untuk praktek berqurban.

bu Rida yang sabar dan telah menyulap si Embe.. 🙂

Kegiatan belajar hari itu diikuti oleh siswa-siswi kelas 1 dan 2 program Lab School SDIT Al Fatah. Dimulai dengan praktek sholat Idul Adha, kemudian manasik haji yang dipimpin oleh Kaprog. Labschool, pak Fauzi, anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti tahapan ibadah haji. Sebagian dari mereka memang mengeluh panas dan lapar, karena mereka juga ikut puasa sunnah Arafah. *selamat ya Nak, semoga puasa sunnah ini bagian pembelajaranmu untuk lebih taat pada Allah*

Setelah selesai belajar manasik haji, kemudian tibalan saatnya praktek berqurban. Dengan wajah yang penasaran mereka menanti si Embe datang. Pak Fauzi menjelaskan tata cara menyembelih hewan qurban. Mereka kaget ketika darah mengucur keluar dari si Embe. Tapi kok, darahnya wangi ya..? Hehe, la wong darah itu berasal dari pewarna kue yang kami campur dengan air.

cup..cup..cup..Mbe, yang sabar ya 🙂

Hari yang melelahkan, meski berpanas ria dan haus, tapi kami bersyukur bisa merasakan belajar yang demikian menyenangkan. Meneladani nabi Ibrahim dan nabi Ismail, semoga kami bisa tumbuh menjadi pribadi yang semakin taat pada perintah Allah SWT.

edisi foto bersama, tapi anak-anak udah ngga bisa rapih 😀

Selamat Idul Adha 1433H…,

Semoga Allah menerima qurban yang telah kita tunaikan. Untuk yang belum berqurban tahun ini, semoga Allah memberi kita kemampuan dan kemudahan agar kelak tahun depan kita bisa berqurban. Aamiin allahumma aamiin.

Iklan

2 pemikiran pada “Idul Adha Di Sekolah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s