Jika Langit Terbelah dan Bumi Diratakan

from google

(Belajar dari surat Al Insyiqaq(surat ke 84), 25 ayat, diturunkan di Mekkah)

Hari itu, Ahad, 23 September 2012, saya dan teman-teman diberi kesempatan untuk mengikuti kajian tafsir. Materi yang akan dibahas adalah tentang surat Al Insyiqaq. Ini merupakan agenda bulanan tempat kami belajar di LTQ. Setiap siswa dan siswi memang diharuskan untuk hadir dalam kegiatan ini.

Sekitar pukul delapan lewat tiga puluh menitan, kami bergegas dari kelas masing-masing untuk menuju masjid tempat kajian akan berlangsung. Pagi itu, langit tampak teduh tanpa panggangan sinar matahari yang seperti biasanya. Angin juga begitu tenang, bekerja lalu lalang mengantar kesejukan pada kami yang tengah menunggu Ustad Abd. Rahman Makatita, MA.

Dibuka dengan murojaah surat At Taubah, yang membuat hati ini gemetar mendengar suara nan suci bergema dalam bangunan mulia. Membuat jiwa melayang terlepas dari cinta dan kesibukan duniawi yang terus menggerogoti hati.

Pagi itu, dari anak SMP sampai para orang tua, semua khusyuk ikut mendengarkan lantunan surat At Taubah yang dibaca.

Karena kondisi perut yang belum terisi sejak pagi, membuat saya resah dan gelisah 😀 . Jadi dengerinnya agak kurang maksimal nih. Dengan mencatat yang point-pointnya saja, semoga bisa membekas di benak saya pribadi.

Saya tulis biar jadi review buat yang lain, kali aja ngga sempet buka Al Quran. Eiits, tapi jangan sampai ya. Masa kita sempet buka fb dan twitter tapi ngga bisa buka Quran T___T.

Sip, berikut ini adalah hasil kajian yang berhasil saya tangkap..

*1. Awal surat ini menjelaskan tentang fenomena alam berupa hari kiamat yang suatu hari nanti pasti akan terjadi. Mungkin kita tak bisa atau tak sanggup membayangkan bagaimana jika kiamat datang. Tapi dalam surat ini, tersirat ‘apabila langit terbelah, apabila bumi diratakan, dan memuntahkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong’. Dengan ini, kita mungkin akan mempunyai bayangan yang berbeda-beda tentang bagaimana kiamat itu nanti. T__T.

Setelah tahu gambaran kiamat seperti ini, pasti rasa takut jadi meningkat. Semoga iman dan taat kita juga meningkat. Agar kita bisa menolak maksiat yang menggoda.

* 2. Allah memberi seruan kepada manusia (tepatnya seluruh manusia, bukan diperuntukkan untuk kaum muslimin saja). Bahwa disadari atau tidak, setiap manusia sedang dalam perjalanan menemui Tuhan-nya untuk menerima pembalasan atas perbuatan yang telah dilakukan semasa hidup didunia.

* 3. Orang-orang mukmin akan menerima catatan amalnya dari sebelah kanan. Dan mereka juga akan diperiksa dengan mudah. Mereka akan kembali bergembira dengan keluarganya yang sama-sama beriman.

Semoga kita bisa termasuk ke dalam orang-orang yang dimudahkan ketika dihisab nanti. Hingga kita bertemu dan bersatu dengan keluarga tercinta.

* 4. Ada pula golongan orang-orang yang akan menerima catatan dari sebelah belakang (kiri). Mereka yang berteriak “Celakalah aku!”. Mereka akan mengalamai pemeriksaan yang detail (tidak semudah pemeriksaan orang-orang mukmin). Mereka inilah yang akan masuk ke dalam api neraka yang menyala-nyala. Inilah balasan untuk mereka yang dulu, selama di dunia mereka bergembira bersama keluarganya yang sama-sama kafir.  Mereka yang lupa dan tidak sadar akan waktu kembali pada Tuhan-nya.

* 5. Adapun orang-orang yang tidak beriman, tidak tunduk pada Al Quran. Mereka yang kafir dan malah mendustakannya. Apa yang mereka sembunyikan, Allah akan mengetahui. Untuk mereka, tersedia azab yang pedih. Kecuali, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka akan mendapat pahala yang tidak putus-putusnya.

Begitulah hasil catatan saya selama kajian berlangsung. Pastilah kurang baik dan jauh dari sempurna. Selain perut konser keroncongan, mata yang tinggal 5 watt dan kaki yang kesemutan. Yah, ada aja emang godaan syaithon, padahal kajiannya di masjid, di rumahnya Allah. Yang jelas, semoga dengan ini membuat saya dan siapapun yang membaca ini menjadi lebih haus dan lebih giat untuk belajar banyak lagi. Mentadaburi ayat-ayat cinta Nya.

Bacalah, apa yang terjadi di sekitarmu. Bacalah, tentang mereka yang ada di dekatmu. Bacalah dan bacalah tentang dunia dan isinya ini. Agar kita lebih dekat dengan Yang Maha Menciptakan nya.

Semoga kita tidak akan pernah puas untuk belajar sampai di sini.

Kurang dan lebihnya saya mohon maaf ^^

Semoga bermanfaat,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s