Serunya Ikut Organisasi, Komunitas dan sejenisnyalah :)

Sampai saat ini, terkadang saya masih heran. Ada aja tetangga atau orang di sekitar saya yang suka iseng nanya, ”Hari libur gini, mau kemana? Kok banyak acara..?”. Apalagi ketika saya masih sekolah di SMK dulu.  Berangkat pagi pulang bisa petang. Segudang pertanyaan akan saya jumpai jika bertemu tetangga saat pulang dari sekolah. Mulai dari pertanyaan ngapain aja di sekolah, kenapa sampai mau pulang malam dan sebagainya.

Well, sejak SMK saya udah mulai nimbrung dalam organisasi. Meskipun saya tergolong bukan siswi yang punya segudang prestasi. Pengalaman selama tiga tahun yang bisa dikatakan ‘terpaksa’ bertahan dalam organisasi Pramuka yang saat itu saya ikuti, ternyata membuat saya berpikir lebih terhadap organisasi, komunitas atau apalah.

Ya, setiap manusia butuh teman. Anak SMP saja sudah suka membuat genk di sekolah. Itu sudah menandakan bahwa setiap kita pada dasarnya memang butuh teman.

Saya ingat pepatah dari salah seorang senior ketika SMK dulu. Katanya sekolah tanpa organisasi itu percuma. Cuma dateng duduk dan gitu-gitu aja. Lain kalau kita aktif di organisasi. Kita serasa punya rumah sendiri di sekolah. Ya, setidaknya itulah yang saya rasakan. Setelah pulang sekolah dulu, memang saya dan teman-teman sering menghabiskan waktu di ruang Pramuka kami. Dalam ruang kecil itu, kami terbiasa membahas banyak hal. Dari sanalah sebuah status teman bisa naik derajat menjadi sahabat yang rasanya sudah seperti keluarga sendiri.

Belum lagi jika akan mengikuti atau mengadakan lomba. Maka akan banyak cerita dan kesibukan dalam agenda kami. Ya, saat-saat itulah yang akan menjadi kenangan bagi seorang manusia. Siswa biasa hanya punya kenangan yang biasa, tapi siswa aktif saya yakin punya segudang kenangan penuh rasa. Mulai dari pahitnya di organisasi, manisnya sampai rasa paling ngga jelas juga mungkin pernah dirasakan.

Hampir enam tahun lulus dari bangku SMK, dan kenangan masa Pramuka selalu saja manis untuk diingat kembali. Malah, satu dari buah ‘masa silam’ ketika aktif di Pramuka justru bisa melahirkan karya. Aku berhasil menuliskannya dalam sebuah naskah FF (Flash Fiction) yang kemudian dibukukan dalam buku I Am Proud To Be Scout.              

 

 

Kalau begini rasanya saya berterimakasih pada episode yang telah menjebloskan saya waktu itu.

Dan sekarang, diusia duapuluh tahunan. Saya masih berusaha aktif dalam organisasi dan berbagai komunitas. Terutama dengan komunitas yang berkaitan dengan dunia literasi. Akhir 2011 ini, berarti hampir dua tahun saya berada dalam Forum Lingkar Pena Bekasi. Insya Allah saya sudah resmi diakui sebagai salah satu warga Negara Kesatuan Republik Dodol a.k.a FLP Bekasi ^__^

Bicara tentang organisasi yang satu ini. Maka akan banyak membutuhkan ruang khusus. Karena setiap saat bersama teman-teman di FLP merupakan cerita manis yang tak akan terlupa. ( Eaaaa :p)

Ketika awalnya saya hanya mencari wadah untuk  belajar menulis, tapi kini bukan hanya ilmu yang saya dapat. Kasih sayang dan perhatian yang lebih dari sesama anggota FLP Bekasi membuat hidup saya jauh lebih indah. Jika suntuk dengan kerjaan atau kampus, entah kenapa saya selalu merasa kegiatan di FLP seperti mampu membayarnya dengan keceriaan. Ketika saya terkadang jenuh di FLP, saya akan rehat. Tapi tak mampu lama. Karena bagi saya, meninggalkan FLP sama dengan kehilangan semangat.

Saya jadi berpikir, nanti setelah berkeluarga, akankah saya masih aktif dan bergelut dalam organisasi lagi? Dan saya mulai mempersiapkan hal itu. Karena bagi saya organisasi itu penting. Sahabat itu mahal harganya. Dari merakalah banyak support terus mengalir dan membuat hidup saya lebih bermakna.

 

Sebagai anak muda, sudahkah anda aktif dalam organisasi? Jika belum, mulailah berorganisasi. Dan temukan banyak pelajaran di dalamnya. ^^

 

 

*Edisi kangen Pramuka, Kangen FLP, kangen organisasi dan ingin selalu aktif berorganisasi*

26/11/2011 3:29, Bekasi

 

2 pemikiran pada “Serunya Ikut Organisasi, Komunitas dan sejenisnyalah :)

Tinggalkan Balasan

